Perbandingan Film Jepang VS Korea

Indonesia ini sekarang sedang dibanjiri oleh beberapa film dari luar negeri, terutama dari negara Korea dan juga negara jepang. Dan memang ada banyak sekali peminat dari film Korea dan juga film Jepang di negara kita Indonesia ini. Bahkan bisa dibilang para penggemar dari kedua film tersebut bersaing baik dari masalah jumlah dan juga bukti kegemaran pada film tersebut. Ada banyak sekali pecinta K-drama dan juga ada juga banyak yang menggemari film ataupun drama dari Jepang. Film dari kedua negara tersebut bisa dibilang memang cukup berkualitas dan mampu menarik orang Indonesia untuk menontonnya. Dan masing-masing negara memiliki ciri khas tersendiri untuk filmnya.

Perbedaan Mencolok Film Jepang VS Korea

Sebenarnya dari kedua negara tersebut filmnya memiliki ciri yang berbeda sekali dan terlihat sangat berbeda sekali fokusnya. Dan perbedaan tersebut pun menjadikan kedua negara tersebut memiliki karakteristik film yang berbeda-beda meski hampir mirip. Dimana terkadang orang mungkin masih kesulitan untuk membedakan mana film dari Jepang dan mana yang merupakan film dari Korea. Dan untuk itu pada kesempatan kali ini akan kami coba ulas mengenai apa saja perbedaan yang mungkin cukup mencolok. Dengan memberikan perbedaan tersebut, kami rasa Anda akan bisa lebih mudah membedakan film Jepang dan juga film Korea nantinya. Berikut beberapa perbedaan dari film Jepang dan film Korea yang kami ketahui.

  1. Kategori Cerita Film

Perbedaan pertama yang akan kami bahas adalah masalah kategori cerita film, yang mana dominasinya sangat berbeda sekali. Maksud dari dominasi itu sendiri adalah bahwa kebanyakan film yang berasal dari negara yang bersangkutan kategorinya sama. Jadi meskipun film dari Korea ataupun dari Jepang mengeluarkan film dengan banyak kategori, akan tetapi yang mendominasi berbeda. Biasanya untuk film dari Korea lebih di dominasi oleh kategori percintaan yang dihiasi dengan komedi dan lainnya. Untuk film dari Jepang lebih di dominasi dengan kisah khayalan ataupun cerita permasalahan sehari-hari seperti apa. Dan itu adalah salah satu perbedaan yang bisa kami jelaskan antara film Jepang dibandingkan dengan Korea.

  1. Durasi Film

Perbedaan yang kedua yang mungkin cukup mencolok adalah masalah durasi dari film yang sudah jelas sangatlah berbeda sekali. Dimana untuk negara Korea biasanya film-filmnya itu berdurasi cukup panjang sekali dibandingkan dengan film yang berasal dari Jepang. Karena dari Korea nampaknya ada banyak bumbu cerita dan juga tambahan cerita yang diberikan pada film buatan mereka. Sebaliknya untuk film dari Jepang sendiri biasanya cukup singkat, karena hanya menceritakan apa adanya kisah ceritanya. Jadi film di Jepang lebih apa adanya dan langsung ke poin dan film selesai berbeda dengan negara Korea. Jadi fokus yang berbeda membuat kedua negara tersebut sangat berbeda dalam membuat sebuah film.

  1. Alur Cerita Film

Perbedaan yang ketiga adalah masalah alur film, yang mungkin sudah sedikit kami bahas di masalah durasi waktu film. Dimana seperti sudah kami jelaskan bahwa Korea lebih menggunakan banyak sekali bumbu cerita pada sebuah film. Selain itu terkadang Korea menambahkan beberapa permasalahan tambahan untuk mendapatkan simpati dari penonton yang menonton film tersebut. Berbeda sekali dengan film dari negara Jepang yang langsung ke poin intinya dengan sedikit bumbu cerita. Selain itu negeri Jepang biasanya tidak akan pernah mengganti jalan ataupun alur dari cerita filmnya. Meskipun terlihat membosankan film dari Jepang akan tetapi ceritanya tidak terlalu jauh melenceng karena langsung ke poinnya.

  1. Aktor Pemeran Film

Perbedaan yang keempat terletak pada aktor yang memerankan film, dimana sangat berbeda sekali antara Korea dengan Jepang. Apabila kita lihat dengan teliti sebenarnya film-film yang dari Korea para pemerannya terlihat lebih tampan dan cantik. Terlihat demikian adalah karena memang para pelaku film disana merawat diri mereka dengan sungguh-sungguh demi berperan pada sebuah film. Dan bahkan ini adalah aturan agen yang menyalurkan para pelaku seni peran di negara Korea. Berbeda dengan Jepang yang tidak terlalu memikirkan hal tersebut, meskipun tetap di seleksi. Akan tetapi kebanyakan film Jepang pemerannya tidak sebersih pemain dari Korea, karena memang berbeda cara pandangnya.

  1. Pesan Moral Film

Lalu yang terakhir adalah pesan moral film dari kedua negara yang besar akan dramanya baik itu Korea dan Jepang. Dan memang dari sisi pesan moral yang kebanyakan ada di dalam film mereka itu sangatlah berbeda sekali pesan yang disampaikan. Dan untuk negara Korea sendiri pesan moralnya terkadang tidak terlalu kuat, akan tetapi tetap ada nilai moral yang bisa diambil. Seperti misalnya pantang menyerah, mencintai dengan sungguh, dan masih banyak lagi lainnya. Bila jepang lebih ke visioner, dan kemudian kecintaan akan negaranya amat sangat penting sekali.

Perbedaan Penggemar Film Jepang VS Korea

Dengan ciri yang berbeda sekali, tentu akan membuat orang yang menggemari salah satu film itu tentu akan berbeda dengan orang lain. Dan bila Anda memang pecinta film drama dengan banyak bumbu dan cerita tambahan untuk mendapatkan kesedihan maka akan contong ke drama Korea. Akan tetapi bila Anda suka fiksi ataupun karangan dan fantasi, maka tentu yang harusnya Anda pilih adalah negara Korea ini. Jadi sebenarnya ada 2 jenis film yang berbeda, satu lebih kepada semangat dan satunya lagi adalah sebagai cerita hidup.

Share